PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER)

Cari Artikel Di Blog Ini

Kamis, 23 Agustus 2012

KONSEP LOGIKA DAN PERANCANGAN PROGRAM PLC DASAR


Operasi kontrol sekuensial yang umum dijumpai di industri pada dasarnya hanya tersusun dari fungsi-fungsi kombinasi logika sederhana berikut: AND, OR dan NOT. Tergantung pada proses yang akan dikendalikan, kombinasi fungsi logika tersebut bersama-sama dengan timer dan counter atau fungsi lainnya (kalau ada) akan membentuk rangkaian logika kontrol yang diharapkan.
Khusus dalam posting ini,  kita hanya akan  membahas fungsi-fungsi logika dasar serta representasi diagram ladder PLC-nya   pada sistem kontrol  kombinatorial saja. Sifat dari sistem kombinatorial ini adalah output  sistem  kontrol pada saat tertentu  hanya tergantung input sistem kontrol saat itu juga, sehingga analisis dan  perancangannya  pun relatif lebih mudah. Sedangkan output sistem  kontrol sekuensial pada satu saat selain tergantung pada input saat itu, juga tergantung pada input-input sebelumnya, sehingga analisis dan perancangannya pun relatif  lebih sukar. Dengan alasan ini  maka pembahasan dan perancangan sistem kontrol sekuensial akan kita tunda sampai posting selanjutnya.
Kecuali disebutkan secara jelas, dalam bab ini representasi diagram ladder PLC untuk sebuah rangkaian gerbang kombinatorial tertentu akan selalu mengasumsikan peralatan atau sensor yang terhubung dengan  modul input PLC tersebut  memiliki tipe atau jenis NO. Hal ini penting untuk ditekankan disini, karena secara praktis peralatan atau sensor yang terhubung ini dapat  memiliki salah satu tipe berikut:  NO atau NC.